Artikel's Archive Back

5 Framework / Bahasa Pemrograman Populer

Admin

01-01-2020

11



Berikut ringkasan dari beberapa framework dan/atau bahasa pemrograman populer beserta penjelasan singkatnya. Bukan merupakan ulasan utuh, tetapi setidaknya memberikan gambaran bahasa pemrograman tersebut.

  1. Spring / Spring Boot

  2. Framework populer untuk bahasa pemrograman Java. Spring memiliki ekosistem development yang luas, di website resminya, www.spring.io, Kita bisa menemukan banyak ekosistem development yang membantu Kita untuk mengembangkan aplikasi dan automatisasi, seperti Spring Boot, Spring Batch, Spring Data, Spring Data, termasuk yang populer, Spring Boot.

  3. Codeigniter

  4. Framework yang awalnya ditulis oleh Rick Ellis (www.ellislab.com), yang merupakan hasil dari riset dalam menghasilkan sebuah ekosistem framework berbasis PHP yang ringan, dan memenuhi kebutuhan umum sebuah web apps pada umumnya. Namun, sejak tahun 2014, Codeigniter akhirnya dimiliki oleh British Columbia Institute of Technology (BCIT). Codeigniter merupakan framework PHP yang cukup populer digunakan saat ini.

  5. Laravel

  6. Framework merupakan framework pendatang setelah Codeigniter, Laravel ditulis oleh oleh Taylor Otwell pada tahun 2011. Dibangun dibawah lisensi MIT, dengan slogan clean code, menjadikan Laravel framework PHP yang memiliki sintaksis yang bukan hanya clean, tapi mudah dipelajari dan dipahami. Disamping itu fitur scafolding yang disediakan Laravel, memberikan kemudahan kepada programmer dan developer dalam membuat fitur common dari sebuah webapps, seperti fitur authentikasi, yang didukung oleh Laravel.

  7. NodeJS

  8. Bahasa pemrograman berbasis front end yang berbasis Java Script ini memberikan dukungan terhadap proses non-blocking, tidak seperti java script pada dasarnya, yang menunggu proses satu untuk diselesaikan baru bisa menjalankan proses selanjutnya. Pada NodeJS ini, skrip dijalankan secara async, yang artinya bisa menjalankan banyak proses sekaligus tanpa menunggu antrian (stack) proses sebelumnya untuk diselesaikan. Contoh framework populer untuk NodeJS adalah ExpressJS.

  9. ReactJS

  10. Bahasa pemrograman frotn end Aplikasi yang mengungunkan fitur Virtual DOM ini,React JS merupakan bahasa pemrograman UI (User Interface) yang dikembangkan oleh Facebook. Penggunaan ReactJS memiliki populeritas yang tinggi saat ini, karena bukan hanya mempermudah dalam mendevelop UI dengan pendekatan komponen, tetapi juga kecepatan dalam memperbaharui tampilan UI atau interaktifitas UI nya berkat teknologi Virtual DOM didalamnya.

A